Minggu, 12 Agustus 2012

HARGA PANGAN KEMBALI MEROKET


Oleh Hendi Farendra
(Ekonomi)

Cibinong- Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di beberapa pasar di Kabupaten Bogor, pada musim penghujan ini melonjak. Pantauan di pasar tradisional seperti Pasar Cibinong, harga cabe keriting sudah melonjak hingga mencapai Rp 36.000 per kilogram. Padahal biasanya hanya Rp 28.000 per kilogram. Begitu pula harga cabe merah besar naik dari Rp 20.000 per kilogram, menjadi Rp 24.000 per kilogram. Sementara harga beras rata–rata naik Rp 500 liter, dari biasanya antara Rp 5500 – Rp6000, menjadi Rp 6500 – Rp8000 per liter.
Salah seorang pedagang di pasar Cibinong, Aisah, mengaku kenaikan itu dikarenakan jalur distribusi yang terhambat, sehingga harga pun merangkak naik. Kenaikan harga ini, diprediksi akan berlangsung hingga akhir bulan Januari. Sebab di beberapa daerah masih mengalami cuaca ekstrem.
Menurut Aisah, kenaikan harga Sembako untuk saat ini tidak mempengaruhi omset penjualan. "Harga sembako sudah naik sejak awal tahun, apalagi musim hujan begini, bakalan tambah naik. Habis dari agen besarnya sudah naik," katanya.  
Keluhan itu tak hanya milik Aisah sendiri, pedagan Sembako lainnya juga berharap agar semua menjadi normal seperti biasanya. Semoga harapan para pedagang dapat cepat terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar